Kamis, 07 Oktober 2010

SILABUS

SILABUS
Sekolah : S M P NEGERI 1 PARBULUAN
Kelas : IX
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Semester : 1 (Satu )

Standar Kompetensi: 1. Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

1.1.Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)



• Sepak Bola

• Melakuan kombinasi teknik dasar menendang menghentikan bola
dengan kaki bagian dalam, luar,telapak kaki, dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau
kelompok
• Variasi dan kombinasi tehnik dasar mengiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang baik secara berpasa- ngan atau kelompok
• Bermain dengan peratu
ran yang dimodifikasi untuk memupuk kerja sama dan toleransi
• Variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan koordinasi yang baik
• Variasi dan kombinasi tehnik dasar mengiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang baik
• Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi
Tes
















Tes


Tes kete – rampilan (unjuk ker –ja)














Tes sikap


Tes variasi dan kombinasi menggiring, menendang,menghentikan bola dengan kaki bagian dalam,luar,telapak kaki dan punggung kaki











Observ.



4x40
menit
Buku teks, bukurefe –rensi,bola kaki,basket voli,lapangan,net ,ring basket

• Bola voli



• Melakuan variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau ke-lompok

• Melakukan variasi dan kombinasi Teknik dasar passing atas bawah dan smash tanpa awalan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau ke-lompok

• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memu puk kerja sama
• Variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah bola voli dengan koordinasi yang baik

• Variasi kobinasi teknik dasar passing atas, bawah dan smash tampa awalan dengan koordinasi yang baik



• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.


Tes




Tes






Tes


Tes kete – rampilan (unjuk kera)


Tes kete – rampilan (unjuk kera)



Tes sikap

Tes variasi dankombinasi passing atas,bawah dan smash tanpa awalan dengan koordina- si yang baik

Tes variasi kobinasi teknik dasar passing atas, bawah dan smash tampa awalan dengan koordinasi yang baik




Observ
1.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan tepat dan lancar serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, berbagi tempat dan peralatan**)















1.3 Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan**)




















































Bulu tangkis
















Tenis Meja



















Lari jarak jauh












Lompat jauh gaya melenting















Tolak peluru gaya membelakang













Lempar lembing langkah silang










• Melakukan variasi kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan

• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan



• Melakukan teknik dasar start, lari dan finish secara berpasangan atau kelom- pok

• Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai keberanian


• Melakukan teknik dasar awalan, tolakan, dan mendarat secara berpasangan atau kelompok




• melakukan lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikas untuk me- nanamkan nilai keberanian


• Melakukan tehnik dasar memegang, meletakan peluru, posisi awal, gerak menolak dan gerak ikutan
Secara berpasangan atau kelompok

• Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi untuk me nanamkan nilai percaya diri

• Melakukan tehnik dasar memegang, membawa, melempar dan gerak ikutan secara berpasangan atau kelompok
• Melakukan lomba lempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi
• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik

• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi








• Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang ba-ik




• Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi.






• MelakukanTeknik dasar start, lari dan finish secara berpasangan atau kelom- pok

• Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikasi




• Melakukan awalan, tolakan, dan mendarat








• Melakukan lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikas




• Melakukan tehnik dasar memegang, meletakan peluru, posisi awal, gerak menolak dan gerak ikutan Secara berpasangan atau kelompok

• Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi



• Melakukan tehnik dasar memegang, membawa, melempar dan gerak ikutan


• Melakukan lomba
lempar lembing dengan peraturan yang dimodifikasi



Tes









Tes








Tes





Tes







Tes


Tes






Tes







Tes







Tes

Tes







Tes









Tes





Tes







Tes

Tes kete – rampilan (unjuk kera)







Tes sikap







Tes kete – rampilan (unjuk kera)




Tes sikap







Tes kete – rampilan (unjuk kera)







Tes sikap






Tes kete – rampilan (unjuk kera)





Tes sikap


Tes kete – rampilan (unjuk kera)


Tes sikap


Tes kete – rampilan (unjuk kera)







Tes kete – rampilan (unjuk kera)



Tes sikap







Tes kete – rampilan (unjuk kera)

• Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang baik



Observ







• Lakukan variasi dan Kombinasi teknik dasar memegang bat untuk melakukan servis dan pukulan forehand serta backhand dengan koordinasi yang ba-ik


Observ










Lakukan teknik dasar start, lari dan finish lari jarak jauh !



Observ.







Lakukanteknik dasarawalan, tolakan, dan mendarat lompat jauh gaya melenting








Observ.







Lakukan tehnik dasar memegang, meletakan peluru, posisi awal, gerak menolak dan gerak ikutan tolak peluru gaya membelakang !


Observ.







Observ.







• Lakukan tehnik dasar memegang, membawa, melempar dan gerak ikutan
lempar lembing langkah silang !





















Standar Kompetensi: 2. Mempraktikan jenis latihan beban dengan alat sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalmnya


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

2.1 Mengidentifikasi jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan






Kebugaran jasmani










• Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah) secara berpasangan atau kelompok

• Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki)
Secara berpasangan atau kelom pok

• Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah)

• Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki)

Tes









Tes

Tes (unjuk kera)








Tes sikap

• Lakukan bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah serta latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki)


Observ.

2x40
menit








Buku teks, buku refe-rensi, lapa- ngan,mat ras




2..2 Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana serta nilai semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri
Kebugaran jasmani
• Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan otot paha dan kaki secara berpasangan atau kelompok





• Melakukan lomba kecepatan dan kelincahan dengan peraturan yang di modifikasi untuk menanamkan nilai disiplin dan tanggung jawab


• Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan badan bagia atas mengunakan alat (bola basket/sepakbola)
• Melakukan latihan kekuatan, kecepatan dan daya tahan badan bagian bawah mengunakan alat (bangku senam)
• Melakukan latihan kecepatan badan bagian bawah (lomba lari cepat jarak pendek)
Tes










Tes


Tes (unjuk kera)









Tes sikap
Lakukan bentuk latihan daya tahan,kekuatan dan kecepatan








Observ.
2x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi, lapangan,mat ras,bangku senam





Standar Kompetensi: 3.Mempraktikan rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan yang benar dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

3.1 Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan

Senam lantai
• Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan secara berpasangan atau kelompok unt- uk menanamkan nilai keberanian dan keselamatan
• Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan





Tes









Tes (unjuk kera) dan sikap








• Lakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan
• Observ.







2x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi, lapangan,mat ras

3.2 Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai keberanian, kedisiplinan, keluwesan dan estetika
Senam lantai
• Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting secara berpasangan atau kelompok unt- uk menanamkan nilai keberanian dan keselamatan
• Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting
Tes








Tes (unjuk kera) dan sikap








• Lakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting
• Observ.






2x40
menit













Standar Kompetensi: 4. Mempraktikan rangkaian gerak teknik senam irama tanpa dan dengan alat serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya


Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

4.1 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang baik serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika


Senam irama tanpaalat
• Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik
secara berpasangan atau kelom pok untuk menanamkan nilai estetika
• Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik

Tes








Tes (unjuk kera) dan sikap








Lakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik



2x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi, lapangan, tongkat,tape

4.2 Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik berirama menggunakan alat dengan koordinasi gerak serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika

Senam irama dengan alat (tongkat )







• Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik
secara berpasangan atau kelom pok untuk menanamkan nilai estetika
• Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik





Tes











Tes (unjuk kera) dan sikap






Lakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik



































Standar Kompetensi: 5.Mempraktikan dasar-dasar penjelajahan di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

6.1 Mempraktikkan rencana kegiatan penjelajahan


Pendidikan luar kelas
• Melakukan pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas (perencanan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi tempat kegiatan) secara kelompok


• Pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas (perencanan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi tempat kegiatan)

Tes












Tes (unjuk kera) dan sikap








Lakukan pembuatan rencana pelaksanaan kegiatan penjelajah-an dan observ.
1x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi, ling- kungan,obat dan perala- tan P3K

6.2 Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan di alam bebas serta nilai kerjasama, disiplin, keselamatan, kebersihan, dan etika
Penjelajahan disekitar sekolah
• Melakukan ketrampilan dasar mempertahankan hidup
1. Kompas dan peta
2. Mencari makanan dan minuman
3. Mendapatan air dengan proses kondensasi
4. Penyulinagn dengan matahari(soal still)
5. Air dari tanaman


• Ketrampilan dasar mempertahankan hidup
6. Kompas dan peta
7. Mencari makanan dan minuman
8. Mendapatan air dengan proses kondensasi
9. Penyulinagn dengan matahari(soal still)
10. Air dari tanaman
Tes

Tes (unjuk kera) dan sikap
• Lakukan Ketrampilan dasar mempertahankan hidup
11. Kompas dan peta
12. Mencari makanan dan minuman
13. Mendapatan air dengan proses kondensasi
14. Penyulinagn dengan matahari(soal still)
15. Air dari tanaman
dan observ.




















Standar Kompetensi : 6. Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi
Dasar Materi
Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber
Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
7.1 Melakukan iden-tifikasi makanan bergizi
Kesehatan • Melakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka) secara berkelompok



• Melakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka)

Tes

Tes tertulis/li- san
Lakukanidentifikasi peyebab kebakaran (merokok, zat yang mudah terbakar, nyala api terbuka)

1x40
menit
Buku teks, buku refe-rensi,ling - kungan

7.2 Melakukan cara menghindari bahaya keba - karan
Kesehatan
• Melakukan pencegahan bahaya kebakaran (pencegahan terhadap penyebab, perlengkapan pemadam kebakaran

• Melakukan pencegahan bahaya kebakaran (pencegahan terhadap penyebab, perlengkapan pemadam kebakaran)
Tes

Tes tertulis/li- san
Menyebutkan atau menuliskan cara melakukan pencegahan terhadap penyakit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar