Kamis, 07 Oktober 2010

EMETAAN SK dan KD

PEMETAAN SK dan KD
Satuan Pendidikan : SMP NEGERI 1 PARBULUAN
Mata Pelajaran : PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN
Kelas : IX (SEMBILAN)
Semester : GANJIL
Tahun Pelajaran : 2010/2011
No Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator A s p e k
Pengetahuan Pemahaman Penerapan Analisis Sintesis
Evaluasi

1

Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Mempraktikkan teknik dasar atletik lanjutan serta nilai toleransi, percaya diri, keberanian, keselamatan, berbagi tempat dan peralatan**)





- MelakukanTeknik dasar start, lari dan finish secara berpasangan atau kelom- pok
- Melakukan lomba lari jarak jauh dengan peraturan yang dimodifikasi
- Melakukan awalan, tolakan, dan mendarat
- Melakukan lomba lompat jauh dengan peraturan yang dimodifikas
- Melakukan tehnik dasar memegang, meletakan peluru, posisi awal, gerak menolak dan gerak ikutan Secara berpasangan atau kelompok
- Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi
v v
v
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**) - Variasi dan kombinasi tehnik dasar (menendang dan menghentikan bola mengunakan kaki bagian dalam dan luar) serta menahan bola dengan telapak kaki dengan koordinasi yang baik
- Variasi dan kombinasi tehnik dasar mengiring dan menghentikan bola dengan punggung kaki dan koordinasi yang baik
- Bermain bola dengan peraturan yang dimodifikasi
2

- Variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah bola voli dengan koordinasi yang baik
- Variasi kobinasi teknik dasar passing atas, bawah dan smash tampa awalan dengan koordinasi yang baik
- Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi. v
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan tepat dan lancar serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, berbagi tempat dan peralatan**) - Melakukan variasi kombinasi teknik dasar memegang raket forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
- Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan
- Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memegang bat forehand dan backhand untuk servis dan pukulan dengan koordinasi yang baik secara berpasangan atau kelompok
- Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk menanamkan nilai kerjasama dan menghargai lawan

3

Mempraktikan jenis latihan beban dengan alat sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalmnya
Mengidentifikasi jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan - Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan (untuk badan bagian atas dan bawah)
- Melakukan identifikasi bentuk latihan untuk kelentukan ( persendian leher,tangan, lengan,pinggang, lutut dan kaki)
Mempraktikkan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana serta nilai semangat, tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri - Melakukan latihan kekuatan dan daya tahan badan bagia atas mengunakan alat (bola basket/sepakbola)
- Melakukan latihan kekuatan, kecepatan dan daya tahan badan bagian bawah mengunakan alat (bangku senam)
- Melakukan latihan kecepatan badan bagian bawah (lomba lari cepat jarak pendek)
4


Mempraktikan rangkaian gerak senam lantai dengan gerakan yang benar dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Mempraktikkan rangkaian senam lantai tanpa alat serta nilai percaya diri, kerja sama, disiplin, keberanian, dan keselamatan
Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumbu pada kaki) dilanjutkan denagn gerak meroda dan dilanjutkan dengan gerak berguling kedepan
Mempraktikkan beberapa rangkaian senam lantai , serta nilai keberanian, kedisiplinan, keluwesan dan estetika Melakukan gerak rangkai keseimbangan (bertumpu selain kaki) delanjutkan dengan gerak berguling kedepan dan bergerak guling lenting
5 Mempraktikan rangkaian gerak teknik senam irama tanpa dan dengan alat serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi gerak yang baik serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan dan estetika
• Melakukan gerak rangkai ayunan satu lengan dan gerak langkah kaki dengan koordinasi yang baik

Mempraktikkan rangkaian aktivitas ritmik berirama menggunakan alat dengan koordinasi gerak serta nilai disiplin, toleransi, keluwesan, dan estetika Melakukan gerak rangkai mengayun tongkat depan,smping dan belakang dan gerak langkah kaki dengan ko ordinasi yang baik
6 Mempraktikan dasar-dasar penjelajahan di alam bebas dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Mempraktikkan rencana kegiatan penjelajahan
• Pembuatan perencanaan, dasar-dasar kegiatan penjelajahan dialam bebas (perencanan yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi tempat kegiatan)

Mempraktikkan berbagai keterampilan untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam aktivitas penjelajahan • Ketrampilan dasar mempertahankan hidup
1. Kompas dan peta
2. Mencari makanan dan minuman
3. Mendapatan air dengan proses kondensasi
4. Penyulinagn dengan matahari(soal still)
5. Air dari tanaman
Bangun, 24 Juli 2010
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah



Drs. H. Naibaho. Demson Silalahi, S.Si
NIP: 19621010 198803 1 006 NIP.19820302 201001 1 25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar