Kamis, 07 Oktober 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 PARBULUAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX / 1
Pertemuan : 4 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 8 X 40 menit

Standar Kompetensi
1. Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.1. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar lanjutan serta dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**).

Indikator
1. Melakukan latihan variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dalam bentuk formasi permainan dengan koordinasi yang baik.
2. Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dalam bentuk formasi permainan dengan koordinasi yang baik.
2. Siswa dapat bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

B. Materi Pembelajaran
Permainan Sepakbola
1. Variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dalam bentuk formasi permainan dengan koordinasi yang baik.
2. Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim dengan baik dalam bentuk pertandingan.

C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)



D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan sepakbola
• Pemanasan khusus sepakbola dalam bentuk permainan

2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dalam bentuk formasi permainan dengan koordinasi yang baik.
• Melakukan variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berkelompok menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dalam bentuk formasi permainan dengan koordinasi yang baik.
• Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim yang baik dalam bentuk pertandingan (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).


3. Kegiatan Penutup (15 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

Pertemuan 4
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan sepakbola

2. Kegiatan Inti (60 menit)
Uji kompetensi permainan sepakbola yang terdiri dari :
• Uji kompetensi menendang dan mengontrol sepakbola
• Uji kompetensi menggiring bola
• Uji kompetensi menendang bola
• Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepakbola

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
• Sepakbola atau sejenisnya
• Lapangan permainan sepakbola atau lapangan sejenisnya
• Tiang jarak jauh
• Tiang pancang atau sejenisnya
• Peluit

2. Sumber Pembelajaran
• Media cetak
o Buku pegangan guru dan siswa SMP Kelas IX, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o Buku permainan sepakbola
• Media elektronik
o Audio/video visual teknik dasar permainan sepakbola
o Rekaman/cuplikan pertandingan sepakbola (liga sepakbola)

F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar menendang, menahan/mengontrol, menggiring dan menembak sepakbola, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).



• Contoh penilaian proses teknik dasar permainan sepakbola (Penilaian keterampilan kecabangan)

No Nama Siswa Mengumpan Mengontrol Menggiring Jml Nilai Proses Nilai Produk Nilai Akhir
1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ
1.
2.
3.
4.
5.
dsb

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

• Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menendang dan menahan bola ke sasaran tembok) selama 30 detik.

Perolehan Nilai Kriteria Pengskoran Klasifikasi Nilai
Putera Puteri
…… > 30 kali …… > 25 kali 100% Sangat Baik
25 – 29 kali 20 – 24 kali 90% Baik
20 – 24 kali 15 – 19 kali 80% Cukup
15 – 19 kali 10 – 14 kali 60% Kurang
……. < 15 kali ……. < 10 kali 60% Kurang Sekali

• Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Menggiring bola) melewati rintangan selama 30 detik.

Perolehan Nilai Kriteria Pengskoran Klasifikasi Nilai
Putera Puteri
…… > 25 rintangan …… > 20 rintangan 100% Sangat Baik
20 – 24 rintangan 16 – 19 rintangan 90% Baik
15 – 19 rintangan 11 – 14 rintangan 80% Cukup
10 – 14 rintangan 7 – 10 rintangan 60% Kurang
……. < 10 rintangan ……. < 7 rintangan 60% Kurang Sekali

b. Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

No Nama Siswa Aspek Sikap Yang Dinilai Σ NA
Kerjasama Kejujuran Menghargai Semangat Percaya diri Sportivitas
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan sepakbola dengan metode resiprokal :

No. Nama Siswa Butir-butir Pertanyaan Σ NA
Soal No.1 Soal No.2 Soal No.3 Soal No.4 Soal No.5
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal



Contoh Butir Pertanyaan

No Butir Pertanyaan
1. Jelaskan yang dimaksud dengan formasi permainan sepakbola!
2. Sebutkan macam-macam formasi dalam permainan sepakbola!
3. Jelaskan cara bermain sepakbola dengan formasi 4-2-4!
4. Jelaskan cara bermain sepakbola dengan formasi 4-3-3!
5. Jelaskan cara bermain sepakbola dengan formasi 4-4-2!

2. Rekapitulasi Penilaian

No. Nama Siswa Aspek Penilaian Jumlah Nilai Akhir Kriteria
Psikomotor Afektif Kognitif
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
NIlai Rata-rata

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian



Keterangan :
• Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
• Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
• Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 60 – 79%
• Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
• Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%


Mengetahui Bangun, July 2010
Kepala Sekolah Guru Bidang Study




Drs. H. Naibaho. Demson Silalahi, S.Si.
NIP: 19621010 198803 1 006 NIP: 19820302 201001 1 025



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 PARBULUAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX / 1
Pertemuan : 4 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 8 X 40 menit

Standar Kompetensi
1. Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.1. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola besar lanjutan serta dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**).

Indikator
1. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis, SMPsh dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pola pertahanan dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
2. Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis, SMPsh dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pola pertahanan dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
2. Siswa dapat bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

B. Materi Pembelajaran
Permainan Bolavoli
1. Variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis, SMPsh dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pola pertahanan dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
2. Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim dengan baik dalam bentuk pertandingan.

C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1 sampai 3
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan bolavoli
• Pemanasan khusus bolavoli dalam bentuk permainan

2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis, SMPsh dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pola pertahanan dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
• Melakukan latihan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing atas, servis, SMPsh dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola penyerangan dan pola pertahanan dengan menggunakan dengan koordinasi yang baik.
• Bermain bolavoli dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim yang baik dalam bentuk pertandingan (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

Pertemuan 4
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan bolavoli

2. Kegiatan Inti (60 menit)
Uji kompetensi permainan bolavoli yang terdiri dari :
• Uji kompetensi passing permainan bolavoli
• Uji kompetensi servis permainan bolavoli
• Uji kompetensi SMPsh tanpa awalan permainan bolavoli
• Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bolavoli

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
• Bola voli atau sejenisnya
• Lapangan permainan bolavoli atau lapangan sejenisnya
• Net/jarring bolavoli
• Peluit
2. Sumber Pembelajaran :
• Media cetak
o Buku pegangan guru dan siswa SMP Kelas IX, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o Buku permainan bolavoli


• Media elektronik
o Audio/video visual teknik dasar permainan bolavoli
o Rekaman/cuplikan pertandingan bolavoli (liga bolavoli)

F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar passing, servis, SMPsh dan block, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).


Contoh penilaian proses teknik dasar permainan bolavoli (Penilaian keterampilan kecabangan)

No Nama Siswa Passing Servis SMPsh Jml Nilai Proses Nilai Produk Nilai Akhir
1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ
1.
2.
3.
4.
5.
dsb

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal




• Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (passing bawah dan passing atas) bola dilambungkan sendiri oleh tester/siswa) selama 30 detik.

Perolehan Nilai Kriteria Pengskoran Klasifikasi Nilai
Putera Puteri
…… > 35 kali …… > 30 kali 100% Sangat Baik
27 – 34 kali 22 – 29 kali 90% Baik
19 – 26 kali 14 – 21 kali 80% Cukup
11 – 18 kali 7 – 13 kali 60% Kurang
……. < 11 kali ……. < 7 kali 60% Kurang Sekali

• Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (servis bawah) melewati net/jaring sebanyak 6 kali servis bawah (Skor maksimal 6 X 5 = 30).

Perolehan Nilai Kriteria Pengskoran Klasifikasi Nilai
Putera Puteri
…… > 25 angka …… > 20 angka 100% Sangat Baik
18 – 24 angka 15 – 19 angka 90% Baik
13 – 17 angka 12 – 16 angka 80% Cukup
8 – 12 angka 7 – 11 angka 60% Kurang
……. < 8 angka ……. < 7 angka 60% Kurang Sekali

• Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (SMPsh) melewati net/jaring sebanyak 6 kali SMPsh (Skor maksimal 6 X 5 = 30).

Perolehan Nilai Kriteria Pengskoran Klasifikasi Nilai
Putera Puteri
…… > 25 angka …… > 20 angka 100% Sangat Baik
20 – 24 angka 15 – 19 angka 90% Baik
15 – 19 angka 10 – 14 angka 80% Cukup
10 – 14 angka 7 – 9 angka 60% Kurang
……. < 10 angka ……. < 7 angka 60% Kurang Sekali

b. Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.



No Nama Siswa Aspek Sikap Yang Dinilai Σ NA
Kerjasama Kejujuran Menghargai Semangat Percaya diri Sportivitas
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan bolavoli dengan metode resiprokal :

No. Nama Siswa Butir-butir Pertanyaan Σ NA
Soal No.1 Soal No.2 Soal No.3 Soal No.4 Soal No.5
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal



Contoh Butir Pertanyaan

No Butir Pertanyaan
1. Jelaskan yang dimaksud dengan pola dalam permainan bolavoli!
2. Sebutkan langkah-langkah menyusun suatu pola penyerangan!
3. Sebutkan empat tahap dalam melakukan SMPsh!
4. Jelaskan cara melakukan bermain bolavoli dengan sistem cover kalau pemain pada posisi 6 didorong ke depan!
5. Jelaskan cara melakukan bermain bolavoli dengan sistem mengcover kalau pemain pada posisi 6 didorong ke belakang!


2. Rekapitulasi Penilaian

No. Nama Siswa Aspek Penilaian Jumlah Nilai Akhir Kriteria
Psikomotor Afektif Kognitif
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
NIlai Rata-rata

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
• Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
• Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
• Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 60 – 79%
• Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
• Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%


Mengetahui Bangun, July 2010
Kepala Sekolah Guru Bidang Study




Drs. H. Naibaho. Demson Silalahi, S.Si.
NIP: 19621010 198803 1 006 NIP: 19820302 201001 1 025




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 PARBULUAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX / 1
Pertemuan : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit

Standar Kompetensi
1. Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.2. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**).

Indikator
1. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis memukul forehand, memukul backhand, servis dan SMPsh (berpasangan dan berkelompok) dalam bentuk pola penyerangan dan pertahanan dengan koordinasi yang baik.
2. Bermain bulutangkis dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis memukul forehand, memukul backhand, servis dan SMPsh (berpasangan dan berkelompok) dalam bentuk pola penyerangan dan pertahanan dengan koordinasi yang baik.
2. Siswa dapat bermain bulutangkis dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

B. Materi Pembelajaran
Permainan Bulutangkis
1. Variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis memukul forehand, memukul backhand, servis dan SMPsh (berpasangan dan berkelompok) dalam bentuk pola penyerangan dan pertahanan dengan koordinasi yang baik.
2. Bermain bulutangkis dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim yang baik dalam bentuk pertandingan.

C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan bulutangkis
• Pemanasan khusus bulutangkis dalam bentuk permainan

2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis memukul forehand, memukul backhand, servis dan SMPsh (berpasangan dan berkelompok) dalam bentuk pola penyerangan dan pertahanan dengan koordinasi yang baik.
• Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis memukul forehand, memukul backhand, servis dan SMPsh (berpasangan dan berkelompok) dalam bentuk pola penyerangan dan pertahanan dengan koordinasi yang baik.
• Bermain bulutangkis dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim yang baik dalam bentuk pertandingan (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan bulutangkis

2. Kegiatan Inti (60 menit)
Uji kompetensi permainan bulutangkis yang terdiri dari :
• Uji kompetensi memukul shuttlecock forehand dan backhand bulutangkis
• Uji kompetensi servis forehand dan backhand bulutangkis
• Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
• Raket
• Shuttlecock
• Lapangan permainan bulutangkis atau lapangan sejenisnya
• Net/jaring bulutangkis
• Peluit

2. Sumber Pembelajaran :
• Media cetak
o Buku pegangan guru dan siswa SMP Kelas IX, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o Buku permainan bulutangkis

• Media elektronik
o Audio/video visual teknik dasar permainan bulutangkis
o Rekaman/cuplikan pertandingan bulutangkis

F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar memukul forehand, memukul backhand servis dan SMPsh, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).


• Contoh penilaian proses teknik dasar permainan bulutangkis (Penilaian keterampilan kecabangan)

No Nama Siswa Pukulan forehand Pukulan backhand Servis Jml Nilai Proses Nilai Produk Nilai Akhir
1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ
1.
2.
3.
4.
5.
dsb

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal





• Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (pukulan forehand dan backhand) Shuttlecock dipukulkan ke tembok/dinding selama 30 detik.

Perolehan Nilai Kriteria Pengskoran Klasifikasi Nilai
Putera Puteri
…… > 35 kali …… > 30 kali 100% Sangat Baik
30 – 34 kali 25 – 29 kali 90% Baik
25 – 29 kali 20 – 24 kali 80% Cukup
20 – 24 kali 15 – 19 kali 60% Kurang
…… < 20 kali …… < 15 kali 60% Kurang Sekali

• Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (servis) melewati net/jaring sebanyak 20 kali servis (Skor maksimal 20 X 5 = 100).

Perolehan Nilai Kriteria Pengskoran Klasifikasi Nilai
Putera Puteri
…… > Angka 90 …… > Angka 80 100% Sangat Baik
Angka 80 – 89 Angka 60 – 79 90% Baik
Angka 60 – 79 Angka 60 – 69 80% Cukup
Angka 60 – 69 Angka 50 – 59 60% Kurang
…… < Angka 60 …… < Angka 50 60% Kurang Sekali


b. Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

No Nama Siswa Aspek Sikap Yang Dinilai Σ NA
Kerjasama Kejujuran Menghargai Semangat Percaya diri Sportivitas
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal



c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan bulutangkis dengan metode resiprokal :

No. Nama Siswa Butir-butir Pertanyaan Σ NA
Soal No.1 Soal No.2 Soal No.3 Soal No.4 Soal No.5
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

Contoh Butir Pertanyaan

No Butir Pertanyaan
1. Jelaskan yang dimaksud dengan pola pukulan dalam permainan bulutangkis!
2. Sebutkan macam-macam bentuk pola pukulan dalam permainan bulutangkis!
3. Jelaskan cara melakukan pukulan forehand dan backhand permainan bulutangkis!
4. Jelaskan cara melakukan servis pendek dalam permainan bulutangkis!
5. Jelaskan cara melakukan SMPsh permainan bulutangkis!


2. Rekapitulasi Penilaian

No. Nama Siswa Aspek Penilaian Jumlah Nilai Akhir Kriteria
Psikomotor Afektif Kognitif
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
NIlai Rata-rata

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian


Keterangan :
• Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
• Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
• Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 60 – 79%
• Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
• Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%


Mengetahui Bangun, July 2010
Kepala Sekolah Guru Bidang Study




Drs. H. Naibaho. Demson Silalahi, S.Si.
NIP: 19621010 198803 1 006 NIP: 19820302 201001 1 025


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 PARBULUAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX / 1
Pertemuan : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit

Standar Kompetensi
1. Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.2. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga bola kecil dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**).

Indikator
1. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan tenis meja memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok) dalam bentuk pola pertahanan dan pola penyerangan dengan koordinasi yang baik.
2. Bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan tenis meja memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok) dalam bentuk pola pertahanan dan pola penyerangan dengan koordinasi yang baik.
2. Siswa dapat bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

B. Materi Pembelajaran
Permainan Tenis meja
1. Variasi dan kombinasi teknik dasar permainan tenis meja memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok) dalam bentuk pola pertahanan dan pola penyerangan dengan koordinasi yang baik.
2. Bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim yang baik dalam bentuk pertandingan.

C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
• Pemanasan secara umum

• Berlari mengelilingi lapangan tenis meja
• Pemanasan khusus tenis meja dalam bentuk permainan





2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan tenis meja memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok) dalam bentuk pola pertahanan dan pola penyerangan dengan koordinasi yang baik.
• Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan tenis meja memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok) dalam bentuk pola pertahanan dan pola penyerangan dengan koordinasi yang baik.
• Bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim yang baik dalam bentuk pertandingan (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan tenis meja

2. Kegiatan Inti (60 menit)
Uji kompetensi permainan tenis meja yang terdiri dari :
• Uji kompetensi memukul forehand dan backhand tenis meja
• Uji kompetensi servis forehand dan backhand tenis meja
• Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan tenis meja

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
• Bat/pemukul
• Bola pingpong
• Lapangan permainan tenis meja atau lapangan sejenisnya
• Net/jaring tenis meja
• Peluit

2. Sumber Pembelajaran :
• Media cetak
o Buku pegangan guru dan siswa SMP Kelas IX, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o Buku permainan tenis meja

• Media elektronik
o Audio/video visual teknik dasar permainan tenis meja
o Rekaman/cuplikan pertandingan tenis meja

F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar memukul forehand, memukul backhand dan servis, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).

• Contoh penilaian proses teknik dasar permainan tenis meja (Penilaian keterampilan kecabangan)

No Nama Siswa Pukulan forehand Pukulan backhand Servis Jml Nilai Proses Nilai Produk Nilai Akhir
1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ
1.
2.
3.
4.
5.
dsb

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

• Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (pukulan forehand dan backhand) bola dipukulkan ke papan/dinding selama 30 detik.

Perolehan Nilai Kriteria Pengskoran Klasifikasi Nilai
Putera Puteri
…… > 35 kali …… > 30 kali 100% Sangat Baik
30 – 34 kali 25 – 29 kali 90% Baik
25 – 29 kali 20 – 24 kali 80% Cukup
20 – 24 kali 15 – 19 kali 60% Kurang
…… < 20 kali …… < 15 kali 60% Kurang Sekali

• Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (servis) melewati net/jaring sebanyak 20 kali servis (Skor maksimal 10 X 5 = 50).

Perolehan Nilai Kriteria Pengskoran Klasifikasi Nilai
Putera Puteri
…… > Angka 40 …… > Angka 30 100% Sangat Baik
Angka 30 – 39 Angka 22 – 29 90% Baik
Angka 20 – 29 Angka 15 – 21 80% Cukup
Angka 10 – 19 Angka 8 – 14 60% Kurang
…… < Angka 10 …… < Angka 8 60% Kurang Sekali



b. Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

No Nama Siswa Aspek Sikap Yang Dinilai Σ NA
Kerjasama Kejujuran Menghargai Semangat Percaya diri Sportivitas
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst
JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18

Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan tenis meja dengan metode resiprokal :

No. Nama Siswa Butir-butir Pertanyaan Σ NA
Soal No.1 Soal No.2 Soal No.3 Soal No.4 Soal No.5
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 20


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

Contoh Butir Pertanyaan

No Butir Pertanyaan
1. Jelaskan yang dimaksud dengan pola pertahanan permainan tenis meja!
2. Sebutkan macam-macam bentuk pola pertahanan permainan tenis meja!
3. Jelaskan cara melakukan pukulan servis permainan tenis meja!
4. Jelaskan cara melakukan pukulan SMPsh permainan tenis meja!
5. Jelaskan cara melakukan pukulan servis dilanjutkan SMPsh permainan tenis meja!


2. Rekapitulasi Penilaian

No. Nama Siswa Aspek Penilaian Jumlah Nilai Akhir Kriteria
Psikomotor Afektif Kognitif
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
NIlai Rata-rata

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian




Keterangan :
• Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
• Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
• Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 60 – 79%
• Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
• Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%


Mengetahui Bangun, July 2010
Kepala Sekolah Guru Bidang Study




Drs. H. Naibaho. Demson Silalahi, S.Si.
NIP: 19621010 198803 1 006 NIP: 19820302 201001 1 025


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 PARBULUAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX / 1
Pertemuan : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit

Standar Kompetensi
1. Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.3. Mempraktikkan teknik atletik dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**).

Indikator
1. Melakukan teknik dasar lari jarak jauh 1600 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lari jarak jauh 1600 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3. Perlombaan atletik lari jarak jauh 1600 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan teknik dasar lari jarak jauh 1600 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lari jarak jauh 1600 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3. Siswa dapat melakukan perlombaan lari jarak jauh 1600 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

B. Materi Pembelajaran
Atletik (Lari jarak jauh 1600 meter)
1. Teknik dasar lari jarak jauh 1600 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2. Variasi dan kombinasi teknik dasar lari jarak jauh 1600 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3. Perlombaan lari jarak jauh 1600 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan sepakbola atau sejenisnya
• Pemanasan khusus lari jarak menengah dalam bentuk permainan



2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Penjelasan cara melakukan latihan teknik dasar lari jarak jauh 1600 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
• Melakukan latihan teknik dasar lari jarak jauh 1600 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
• Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lari jarak jauh 1600 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
• Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lari jarak jauh 1600 meter (start, gerakan lari, memasuki garis finish) yang dilakukan (perorangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
• Perlombaan lari jarak jauh 1600 meter dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok.

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan sepakbola atau sejenisnya

2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Uji kompetensi lari jarak menengah 800 meter

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
• Lintasan lari
• Jarak jauh sebanyak 10 buah
• Bendera start
• Peluit

2. Sumber Pembelajaran :
• Media cetak
o Buku pegangan guru dan siswa SMP Kelas IX, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o Buku atletik
• Media elektronik
o Audio/video visual teknik dasar atletik
o Rekaman/cuplikan perlombaan lari jarak pendek

F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar lari jarak jauh 1600 meter, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
• Contoh penilaian proses teknik dasar lari jarak jauh 1600 meter (Penilaian keterampilan kecabangan)

No Nama Siswa Sikap Awal Gerakan Lari Finish Jml Nilai Proses Nilai Produk Nilai Akhir
1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ
1.
2.
3.
4.
5.
dsb

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

• Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (lari jarak jauh 1600 meter).

Perolehan Nilai Kriteria Pengskoran Klasifikasi Nilai
Putera Puteri
….. < 25 detik ….. < 30 detik 100% Sangat Baik
25,01 – 30.00 detik 30.01 – 40.00 detik 90% Baik
30.01 – 40.00 detik 40.01 – 50.00 detik 80% Cukup
40.01. – 50.00 detik 50.01 – 60.00 detik 60% Kurang
…… > 50.00 detik …… > 60.00 detik 60% Kurang Sekali

b. Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.


No Nama Siswa Aspek Sikap Yang Dinilai Σ NA
Kerjasama Kejujuran Menghargai Semangat Percaya diri Sportivitas
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar lari jarak jauh (1600 meter) dengan metode resiprokal :

No. Nama Siswa Butir-butir Pertanyaan Σ NA
Soal No.1 Soal No.2 Soal No.3 Soal No.4 Soal No.5
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 15


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

Contoh Butir Pertanyaan

No Butir Pertanyaan
1. Sebutkan macam-macam teknik dasar lari jarak jauh!
2. Sebutkan start yang sering digunakan pada lari jarak jauh!
3. Jelaskan sikap badan di atas jarak jauh lari jarak jauh!
4. Jelaskan cara kaki menapak lari jarak jauh 1600 meter!
5. Jelaskan cara melakukan gerakan lari jarak jauh 1600 meter!

2. Rekapitulasi Penilaian

No. Nama Siswa Aspek Penilaian Jumlah Nilai Akhir Kriteria
Psikomotor Afektif Kognitif
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
NIlai Rata-rata

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
• Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
• Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
• Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 60 – 79%
• Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
• Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%


Mengetahui Bangun, July 2010
Kepala Sekolah Guru Bidang Study




Drs. H. Naibaho. Demson Silalahi, S.Si.
NIP: 19621010 198803 1 006 NIP: 19820302 201001 1 025









































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 PARBULUAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX / 1
Pertemuan : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit

Standar Kompetensi
1. Mempraktikkan keterampilan permainan olahraga dengan peraturan yang sebenarnya dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
1.3. Mempraktikkan teknik atletik dengan menggunakan peraturan yang sesungguhnya serta nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri**).

Indikator
1. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
2. Perlombaan atletik lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, toleransi, kerja keras dan percaya diri.

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
2. Siswa dapat melakukan perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

B. Materi Pembelajaran
Atletik (Lompat jauh)
1. Variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
2. Perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan sepakbola atau sejenisnya
• Pemanasan khusus lompat jauh dalam bentuk permainan


2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik.
• Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar lompat jauh (awalan, tumpuan, melayang di udara dan mendarat) dengan koordinasi yang baik (perorangan maupun berkelompok).
• Perlombaan lompat jauh dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok.

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan sepakbola atau sejenisnya

2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Uji kompetensi lompat jauh

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
• Lintasan lompat jauh
• Bak lompat jauh
• Kapur
• Bendera
• Peluit

2. Sumber Pembelajaran :
• Media cetak
o Buku pegangan guru dan siswa SMP Kelas IX, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o Buku atletik
• Media elektronik
o Audio/video visual teknik dasar atletik
o Rekaman/cuplikan perlombaan lompat jauh

F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar lompat jauh, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan jauhnya melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
• Contoh penilaian proses teknik dasar lompat jauh (Penilaian keterampilan kecabangan)

No Nama Siswa Sikap Awal Gerakan Sikap Akhir Jml Nilai Proses Nilai Produk Nilai Akhir
1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ
1.
2.
3.
4.
5.
dsb

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

• Contoh penilaian produk/prestasi teknik dasar (Lompat jauh).

Perolehan Nilai Kriteria Pengskoran Klasifikasi Nilai
Putera Puteri
….. > 4.50 meter ….. > 3.50 meter 100% Sangat Baik
4.00 – 4.49 meter 3.00 – 3.49 meter 90% Baik
3.50 – 3.99 meter 2.50 – 2.99 meter 80% Cukup
3.00 – 3.49 meter 2.00 – 2.49 meter 60% Kurang
…… < 2.99 meter …… < 1.99 meter 60% Kurang Sekali

b. Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.






No Nama Siswa Aspek Sikap Yang Dinilai Σ NA
Kerjasama Kejujuran Menghargai Semangat Percaya diri Sportivitas
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal


c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran teknik dasar lompat jauh dengan metode resiprokal :

No. Nama Siswa Butir-butir Pertanyaan Σ NA
Soal No.1 Soal No.2 Soal No.3 Soal No.4 Soal No.5
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 15


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

Contoh Butir Pertanyaan

No Butir Pertanyaan
1. Sebutkan macam-macam teknik dasar lompat jauh!
2. Jelaskan cara melakukan awalan lompat jauh!
3. Jelaskan cara melakukan tumpuan lompat jauh!
4. Jelaskan cara melakukan melayang di udara lompat jauh!
5. Jelaskan cara melakukan mendarat lompat jauh!

2. Rekapitulasi Penilaian

No. Nama Siswa Aspek Penilaian Jumlah Nilai Akhir Kriteria
Psikomotor Afektif Kognitif
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
NIlai Rata-rata

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian



Keterangan :
• Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
• Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
• Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 60 – 79%
• Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
• Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%


Mengetahui Bangun, July 2010
Kepala Sekolah Guru Bidang Study




Drs. H. Naibaho. Demson Silalahi, S.Si.
NIP: 19621010 198803 1 006 NIP: 19820302 201001 1 025














































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 PARBULUAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX / 1
Pertemuan : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit

Standar Kompetensi
2. Mempraktikkan perencanaan aktivitas pengembangan untuk peningkatan dan pemeliharaan kebugaran Jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
2.1. Merancang program latihan fisik untuk pemeliharaan kebugaran Jasmani serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.
2.2. Melaksanakan program latihan fisik sesuai dengan prinsip-prinsip latihan yang benar serta nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.

Indikator
1. Mengidentifikasikan jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan dengan koordinasi yang baik.
2. Melakukan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran Jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana dengan koordinasi yang baik.
3. Melakukan perlombaan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran Jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana menggunakan sirkuit dengan koordinasi yang baik untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengidentifikasikan jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan dengan koordinasi yang baik.
2. Siswa dapat melakukan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran Jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana dengan koordinasi yang baik.
3. Siswa dapat melakukan perlombaan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran Jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana menggunakan sirkuit dengan koordinasi yang baik untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai tanggungjawab, disiplin, dan percaya diri.

B. Materi Pembelajaran
Aktivitas Pengembangan
1. Mengidentifikasikan jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan dengan koordinasi yang baik.
2. Latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran Jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana dengan koordinasi yang baik.
3. Perlombaan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran Jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana menggunakan sirkuit dengan koordinasi yang baik.


C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan atau halaman sekolah

2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Penjelasan cara mengidentifikasikan jenis-jenis latihan yang sesuai dengan kebutuhan dengan koordinasi yang baik.
• Penjelasan cara melakukan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran Jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana dengan koordinasi yang baik.
• Melakukan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran Jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana dengan koordinasi yang baik.
• Melakukan perlombaan latihan kekuatan, kecepatan, daya tahan dan kelentukan untuk kebugaran Jasmani sesuai dengan kebutuhan dengan menggunakan alat sederhana menggunakan sirkuit dengan koordinasi yang baik.

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan atau halaman sekolah

2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Uji kompetensi kebugaran Jasmani (lari cepat/60 meter).
• Uji kompetensi kebugaran Jasmani (angkat tubuh/60 detik).
• Uji kompetensi kebugaran Jasmani (baring duduk/60 detik).
• Uji kompetensi kebugaran Jasmani (loncat tegak).
• Uji kompetensi kebugaran Jasmani (lari jauh/1.000 m puteri dan 1.200 m putera).

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
• Lapangan atau halaman sekolah
• Palang tunggal
• Matras senam
• Formulir tes
• Peluit

2. Sumber Pembelajaran :
• Media cetak
o Buku pegangan guru dan siswa SMP Kelas IX, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

• Media elektronik
o Audio/video visual latihan kebugaran Jasmani
o Rekaman/cuplikan latihan kebugaran Jasmani

F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan tes kebugaran Jasmani untuk siswa SMP (lari 60 meter, angkat tubuh, baring duduk, loncat tegak dan lari jauh 1.200 m untuk putera dan 1.000 m untuk puteri), unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi)
• Contoh penilaian proses tes kebugaran Jasmani siswa SMP (Penilaian kebugaran Jasmani)

No Nama Siswa Sikap Awal Gerakan Sikap Akhir Jml Nilai Proses Nilai Produk Nilai Akhir
1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ
1.
2.
3.
4.
5.
dsb

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

• Contoh penilaian produk/prestasi tes kebugaran Jasmani siswa Putera SMP

Lari 60 m Gantung/ Angkat tubuh Baring duduk Loncat tegak Lari 1.200 m Kriteria Pengskoran Klasifikasi Nilai
….. < 7.2 dtk ….. > 19 kali ….. > 41 kali ….. > 73 ….. < 3.14 mnt 100% Sangat Baik
7.3 – 8.3 dtk 14 – 18 kali 30 – 40 kali 60 – 72 3.15 – 4.25 mnt 90% Baik
8.4 – 9.6 dtk 9 – 13 kali 21 – 29 kali 50 – 59 4.26 – 5.12 mnt 80% Cukup
9.7–11.0 dtk 5 – 8 kali 10 – 20 kali 39 – 49 5.13 – 6.33 mnt 60% Kurang
….. > 11 dtk ….. < 5 kali ….. < 10 kali ….. < 39 ….. > 6.33 mnt 60% Kurang Sekali

• Contoh penilaian produk/prestasi tes kebugaran Jasmani siswa Puteri SMP

Lari 60 m Gantung/Siku tekuk Baring duduk Loncat tegak Lari 1.200 m Kriteria Pengskoran Klasifikasi Nilai
….. < 8.4 dtk ….. > 41 kali ….. > 28 kali ….. > 50 ….. < 3.52 mnt 100% Sangat Baik
8.5 – 9.8 dtk 22 – 40 kali 20 – 28 kali 39 – 49 3.53 – 4.56 mnt 90% Baik
9.9 – 11.4 dtk 10 – 21 kali 10 – 19 kali 31 – 38 4.57 – 5.58 mnt 80% Cukup
11.5 –13.4 dtk 3 – 9 kali 3 – 9 kali 23 – 30 5.59 – 7.23 mnt 60% Kurang
….. > 13.4 dtk ….. < 3 kali ….. < 3 kali ….. < 23 ….. > 7.23 mnt 60% Kurang Sekali

b. Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.




No Nama Siswa Aspek Sikap Yang Dinilai Σ NA
Kerjasama Kejujuran Menghargai Semangat Percaya diri Sportivitas
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18

Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran kebugaran Jasmani dengan metode resiprokal :

No. Nama Siswa Butir-butir Pertanyaan Σ NA
Soal No.1 Soal No.2 Soal No.3 Soal No.4 Soal No.5
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 15


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal


Contoh Butir Pertanyaan

No Butir Pertanyaan
1. Jelaskan cara melakukan tes lari 60 meter!
2. Jelaskan cara melakukan tes angkat tubuh 60 detik!
3. Jelaskan cara melakukan tes baring duduk 60 detik!
4. Jelaskan cara melakukan tes loncat tegak!
5. Jelaskan cara melakukan tes lari 1.000 m dan 1.200 meter!

2. Rekapitulasi Penilaian

No. Nama Siswa Aspek Penilaian Jumlah Nilai Akhir Kriteria
Psikomotor Afektif Kognitif
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
NIlai Rata-rata

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian
Keterangan :
• Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
• Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
• Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 60 – 79%
• Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
• Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%


Mengetahui Bangun, July 2010
Kepala Sekolah Guru Bidang Study




Drs. H. Naibaho. Demson Silalahi, S.Si.
NIP: 19621010 198803 1 006 NIP: 19820302 201001 1 025






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 PARBULUAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX / 2
Pertemuan : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit

Standar Kompetensi
3. Mempraktikkan rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsep yang benar dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
3.1. Mempraktikkan keterampilan gerakan kombinasi rangkaian senam lantai serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.
3.2. Mempraktikkan keterampilan gerakan kombinasi rangkaian senam ketangkasan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.

Indikator
1. Melakukan rangkaian latihan teknik dasar senam lantai (guling depan, guling belakang, guling lenting dan meroda) dengan koordinasi yang baik.
2. Melakukan rangkaian latihan teknik dasar senam lantai (loncat harimau, salto depan dan salto belakang) dengan koordinasi yang baik.
3. Melakukan perlombaan senam ketangkasan (loncat harimau, salto depan dan salto belakang) dengan koordinasi yang baik untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan rangkaian latihan teknik dasar senam lantai (guling depan, guling belakang, guling lenting dan meroda) dengan koordinasi yang baik.
2. Siswa dapat melakukan rangkaian latihan teknik dasar senam ketangkasan (loncat harimau, salto depan dan salto belakang) dengan koordinasi yang baik.
3. Siswa dapat melakukan perlombaan senam ketangkasan (loncat harimau, salto depan dan salto belakang) dengan koordinasi yang baik untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.

B. Materi Pembelajaran
Aktivitas Uji Diri/Senam
1. Latihan rangkaian latihan teknik dasar senam lantai (guling depan, guling belakang, guling lenting dan meroda) dengan koordinasi yang baik.
2. Latihan rangkaian latihan teknik dasar senam ketangkasan (loncat harimau, salto depan dan salto belakang) dengan koordinasi yang baik.
3. Latihan perlombaan senam ketangkasan (loncat harimau, salto depan dan salto belakang) dengan koordinasi yang baik.

C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan atau halaman sekolah

2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Penjelasan cara melakukan rangkaian latihan teknik dasar senam lantai (guling depan, guling belakang, guling lenting dan meroda) dengan koordinasi yang baik.
• Melakukan rangkaian latihan teknik dasar senam lantai (guling depan, guling belakang, guling lenting dan meroda) dengan koordinasi yang baik.
• Penjelasan cara melakukan rangkaian latihan teknik dasar senam ketangkasan (loncat harimau, salto depan dan salto belakang) dengan koordinasi yang baik.
• Melakukan rangkaian latihan teknik dasar senam ketangkasan (loncat harimau, salto depan dan salto belakang) dengan koordinasi yang baik.
• Melakukan perlombaan senam ketangkasan (loncat harimau, salto depan dan salto belakang) dengan koordinasi yang baik untuk menumbuhkan dan memupuk nilai-nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman.

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan atau halaman sekolah

2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Uji kompetensi rangkaian gerakan senam lantai (guling depan, guling belakang, guling lenting dan meroda)
• Uji kompetensi rangkaian gerakan senam ketangkasan (loncat harimau, salto depan dan salto belakang)

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
• Lapangan atau halaman sekolah
• Matras senam
• Box/kuda-kuda lompat
• Peluit
2. Sumber Pembelajaran :
• Media cetak
o Buku pegangan guru dan siswa SMP Kelas IX, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
• Media elektronik
o Audio/video visual latihan senam lantai
o Rekaman/cuplikan latihan senam lantai

F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan rangkaian latihan loncat harimau, salto depan dan salto belakang, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses).
• Contoh penilaian proses rangkaian latihan loncat harimau, salto depan dan salto belakang (Penilaian keterampilan kecabangan)

No Nama Siswa Sikap Awal Gerakan Sikap Akhir Jml Nilai Proses Nilai Akhir
1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ
1.
2.
3.
4.
5.
dsb

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

b. Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.

No Nama Siswa Aspek Sikap Yang Dinilai Σ NA
Kerjasama Kejujuran Menghargai Semangat Percaya diri Sportivitas
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal






c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran senam ketangkasan dengan metode resiprokal :

No. Nama Siswa Butir-butir Pertanyaan Σ NA
Soal No.1 Soal No.2 Soal No.3 Soal No.4 Soal No.5
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 15


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
Contoh Butir Pertanyaan

No Butir Pertanyaan
1. Jelaskan yang dimaksud dengan salto!
2. Jelaskan cara melakukan salto ke depan!
3. Jelaskan cara melakukan salto ke belakang!
4. Jelaskan cara melakukan loncat harimau!
5. Jelaskan cara melakukan rangkaian gerakan berguling ke depan, guling ke belakang, guling lenting dan meroda!

2. Rekapitulasi Penilaian

No. Nama Siswa Aspek Penilaian Jumlah Nilai Akhir Kriteria
Psikomotor Afektif Kognitif
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
NIlai Rata-rata

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian

Keterangan :
• Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
• Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
• Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 60 – 79%
• Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
• Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%


Mengetahui Bangun, July 2010
Kepala Sekolah Guru Bidang Study




Drs. H. Naibaho. Demson Silalahi, S.Si.
NIP: 19621010 198803 1 006 NIP: 19820302 201001 1 025










































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 PARBULUAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX / 1
Pertemuan : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit

Standar Kompetensi
4. Mempraktikkan satu rangkaian gerak berirama berbentuk aktivitas aerobik secara beregu dengan diiringi musik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Kompetensi Dasar
4.1. Mempraktikkan keterampilan gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika.
4.2. Mempraktikkan keterampilan menyelaraskan antara gerak dan irama dengan iringan musik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika.

Indikator
1. Melakukan gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
2. Melakukan penyelarasan antara gerak dan irama dengan iringan musik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
3. Melakukan perlombaan senam aerobik untuk menumbuhkan nilai-nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
2. Siswa dapat menyelaraskan antara gerak dan irama dengan iringan musik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
3. Siswa dapat melakukan perlombaan senam aerobik untuk menumbuhkan nilai-nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).

B. Materi Pembelajaran
Aktivitas Ritmik
1. Gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
2. Menyelaraskan antara gerak dan irama dengan iringan musik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
3. Perlombaan senam aerobik untuk menumbuhkan nilai-nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).

C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)



D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan atau halaman sekolah

2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Penjelasan cara melakukan gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok)
• Melakukan gerak berirama senam aerobik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
• Penjelasan cara menyelaraskan antara gerak dan irama dengan iringan musik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
• Melakukan penyelarasan antara gerak dan irama dengan iringan musik serta nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).
• Melakukan perlombaan senam aerobik untuk menumbuhkan nilai-nilai kerjasama, kediplinan, percaya diri, keluwesan dan estetika (perorangan dan berkelompok).

3. Kegiatan Penutup (15 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
• Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
• Pemanasan secara umum
• Berlari mengelilingi lapangan atau halaman sekolah

2. Kegiatan Inti (60 menit)
• Uji kompetensi rangkaian senam aerobik

3. Kegiatan Penutup (10 menit)
• Pendinginan (colling down)
• Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
• Berbaris dan berdoa

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
• Lapangan atau halaman sekolah
• Tipe recorder
• Kaset senam aerobik
• Peluit

2. Sumber Pembelajaran :
• Media cetak
o Buku pegangan guru dan siswa SMP Kelas IX, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
• Media elektronik
o Audio/video visual latihan senam ritmik
o Rekaman/cuplikan latihan senam ritmik

F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan rangkaian senam aerobik, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses).
• Contoh penilaian proses senam aerobik (Penilaian keterampilan kecabangan)

No Nama Siswa Sikap Awal Gerakan Sikap Akhir Jml Nilai Proses Nilai Akhir
1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ 1 2 3 4 Σ
1.
2.
3.
4.
5.
dsb

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

b. Tes Sikap (Afektif)
Contoh penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.



No Nama Siswa Aspek Sikap Yang Dinilai Σ NA
Kerjasama Kejujuran Menghargai Semangat Percaya diri Sportivitas
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal


c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Contoh format penilaian pembelajaran senam aerobik dengan metode resiprokal :

No. Nama Siswa Butir-butir Pertanyaan Σ NA
Soal No.1 Soal No.2 Soal No.3 Soal No.4 Soal No.5
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1.
2.
3.
4.
5.
dst

JUMLAH SKOR MAKSIMAL (NILAI KOGNITIF) : 15


Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal

Contoh Butir Pertanyaan

No Butir Pertanyaan
1. Jelaskan yang dimaksud dengan aerobik!
2. Jelaskan yang dimaksud dengan senam aerobik!
3. Sebutkan macam-macam jenis senam aerobik!
4. Sebutkan gerakan-gerakan tangan senam aerobik!
5. Jelaskan cara melakukan gerakan senam aerobik!

2. Rekapitulasi Penilaian

No. Nama Siswa Aspek Penilaian Jumlah Nilai Akhir Kriteria
Psikomotor Afektif Kognitif
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
NIlai Rata-rata

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai Akhir (NA) = -----------------------------------------
Tiga Aspek Penilaian



Keterangan :
• Mendapat nilai Sangat Baik, jika skor antara = 91 – 100%
• Mendapat nilai Baik, jika skor antara = 80 – 90%
• Mendapat nilai Cukup, jika skor antara = 60 – 79%
• Mendapat nilai Kurang, jika skor antara = 60 – 69%
• Mendapat nilai Kurang Sekali, jika skor antara = Kurang dari 60%


Mengetahui Bangun, July 2010
Kepala Sekolah Guru Bidang Study




Drs. H. Naibaho. Demson Silalahi, S.Si.
NIP: 19621010 198803 1 006 NIP: 19820302 201001 1 025

Tidak ada komentar:

Posting Komentar